Wednesday, October 15, 2014

Cara memberikan fungsi pada tombol di ActionScript 3.0

Oke pada kesempatan kali ini saya akan memberikan bagaimana cara untuk membuat tombol dan memberikan script pada ActionScript 3.0.

 Di tutorial sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat tombol dengan flash serta memberikan fungsi pada tombol itu sendiri. Ini tutorial saya cara membuat tombol menggunakan ActionScript 2.0  

http://ekoprasty.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-action-script-sederhana.html .

Nah sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan script pada AS3. AS3 itu sangat berbeda sekali dengan AS2. Perbedaannya adalah AS3 itu sudah OOP(Object Oriented Programming) jadi program yang berorientasi pada object. sedangkan AS2 itu belum OOP.

oke setelah kita membuat tombol, maksudnya setelah object tersebut sudah di convert jadi Button. klik tombol yang sudah di buat kemudian di "instance name" tombol tersebut.

contoh, saya memberikan instance name tombol tersebut "button1"., kemudian klik frame pertama dan masukan scriptnya:

button1.addEventListener(MouseEvent.CLICK,tombol1);

function tombol1(event:MouseEvent){

gotoAndStop(5);

kemudian jalankan flashnya jika menggunakan Windows CTRL+ENTER, kalau menggunakan Mac CMD+ENTER. Maka ketika di klik frame tersebut akan pergi ke frame 5.

 


 


No comments:

Post a Comment