Monday, September 19, 2016

Membuat Game dengan Flash Action Script 3.0 Bagian 2

setelah gambar untuk enemy sudah di buat dan file ActionScript 3.0 kita langsung menulis code



ok saya jelaskan beberapa code pada gambar di atas

Class Enemy :  ini ada kelas enemy semua yang di butuhkan enemy di atur di kelas ini seperti ukuran besar kecil posisi di stage dll.

Public : maksud dari publik itu agar kelas enemy ini bisa di akses oleh class lain.

Extends MovieClip : karena objek enemy ini adalah typenya MovieClip maka kita harus menuliskan Extend MovieClip.

sekarang kita telah selesai membuat dan mengatur "class enemy" sekarang kita perlu menghubungkan class enemy ini dengan object MovieClip yang akan di buat di FLA file. sekrang simpan file AS enemy dan kita menuju file FLA. klik kanan pada Enemy di Lybrary dan Select Properties. klik tombol Advance kemudian akan muncul panel Linkage. Check kotak Export for ActionScript dan Export in first frame dan tulis pada kolom Class "Enemy" dan klik ok dan tutup Properties Box. bisa di lihat pada gambar di bawah ini.



setelah object MovieClip sudah terhubung dengan AS file kita butuh beberapa pengaturan untuk si Enemynya , Jatuh dari atas  dan bergerak kebawah terus menerus mari kita tulis codenya dan perhatikan gambar di bawah ini






Kita perlu menambahkan fungsi gerakan ini untuk kelas Enemy, karena MovieClips belum memiliki sesuatu yang bisa melakukan hal tersebut yaitu movement (bergerak) sendiri, jadi mari kita membuat fungsi baru:


function moveDownABit() : kita membuat fungsi moveDownABit di dalam class enemy bermaksud untuk fungsi ini bisa di panggil di kelas lain jika kita letakan di fungsi Enemy nanti kelas lain akan susah untuk mencari code yang kita tambahkan barusan y = y +3;

public : sudah di jelaskan sebelumnya mengapa saya memakain public karena kelas ini akan banyak di pakai di kelas kelas lainnya dalam game yang akan kita buat.

y = y + 3; ini agar musuh bergerak turun ke bawah tidak keatas.

kemudian simpan file AS dan kita kembali ke file FLA.

To Be Continue





















No comments:

Post a Comment